All for Joomla All for Webmasters

Budidaya Jambu Kristal Jimmy Hantu

Comment are off

Jambu kristal adalah komoditas buah yang cukup menjanjikan, memiliki harga sangat bagus jika dibanding dengan jambu-jambu biji jenis lain, seperti jambu merah maupun jambu Bangkok.

Kali ini kita akan berbagi bagaimana supaya jambu kristal yang ditanam tumbuh sempurna dan tentunya berbuah lebat dan manis juga rasanya.

Yang harus diperhatikan dalam menanam Jambu adalah kualitas tanah, ya sebenernya tidak hanya jambu saja sih. Untuk membuat sehat tidaklah sulit kok cukup pemupukan  (bisa pakai pupuk kandang ataupun sintetis -npk) dan juga membuat pori tanah piringan disekitar jambu kristal lebih gembur.

Untuk meningkatkan kadar hara dan juga penguraian secara sempurna sangat disarankan menggunakan POC hantu Ijo Royo Royo (sistem spray di atas piringan)

Berikutnya, penanganan gulma, utk menghasilkan pohon jambu yang baik gulma harus diperhatikan, pembersihan dapat dilakukan dengan cara manual ataupun pengobatan (herbisida) nah utk meningkatkan efektifitas kerja herbisida setiap aplikasi obat rumput disarankan campur dengan POC Hantu Ijo royo2 dengan dosis setengah atau maksimal sama dengan dosis herbisida yang diberikan. Tujuannya untuk mempercepat pembusukan bekas rumput. Sehingga dapat menjadi pupuk tambahan.

Nah, jika tanaman sudah sehat dan baik, untuk meningkatkan produktifitas, kita bisa aplikasi lanjutan yaitu dengan mencampur 3 jenis produk Jimmy Hantu (POC Hantu Ijo Royo-Royo, ZPT Hantu Ratu Biogen dan NPK jagotani) dalam satu aplikasi dengan dosis per liter air 3 ml, 2 ml dan 3 ml.\

Aplikasi ini supaya menghasilkan buah yang banyak, besar dan tentunya manis. Perlakuan ini setiap 20 hari sekali, selama 3 kali dan berikutnya cukup dilakukan 30 hari sekali.

Semoga dengan tips sederhana ini dapat membantu meningkatkan produktifitas jambu kristalnya. O ya, satu lagi jangan lupa ya untuk perawatan rampel dahan yg jelek, dan bungkus yg rapi supaya tidak terkena serangan lalat buah. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Yuk lah, waktunya melek lingkungan dengan cara merubah mindset dari yang serba instan dengan menggunakan bahan kimia namun tanpa disadari bedampak buruk pada lingkungan. Menjadi sedikit berproses dengan menggunakan bahan organik untuk menjaga alam, serta memberi peninggalan kepada anak cucu alam yang masih sehat bersama Jimmy Hantu Ratu Biogen.

About the Author